Rabu, 19 Maret 2008

Tim SAR Terjunkan 73 Personil


BANTUL - Tim SAR Pantai Parangtritis memaksimalkan jumlah anggota untuk siaga saat libur panjang yang akan berlangsung mulai hari ini hingga Minggu (23/3) mendatang. Hal ini dilakukan mengingat akhir-akhir ini kejadian laka-laut sering menimpa para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis.

“Jika biasanya setiap regu jaga hanya beranggotakan 10 orang, nantinya kita akan tambah menjadi 15 orang, sehingga dapat lebih memantau keberadaan wisatawan pada daerah yang dinyatakan rawan,” kata Taufik Sekretaris Tim SAR Pantai Parangtritis, Bantul kepada METEOR, Rabu (19/3) kemarin.

Secara total kekuatan yang dipunyai SAR Pantai Parangtritis mencapai 73 personil, namun tidak semua akan dikerahkan karena harus ada yang berhajaga secara giliran selama 24 jam non stop. “Jika kondisi pantai sangat ramai, tim SAR yang kita terjunkan tidak hanya satu regu namun bisa dua hingga 3 regu, sedangkan pada saat sepi khususnya malam hari kita hanya terjunkan satu regu,” katanya.

Langkah lain lanjut Toufik untuk mengantisipasi laka-laut pihaknya saat ini hanya bisa mengoptimalkan alat komunikasi yang ada seperti pengeras suara untuk memperingatkan para pengunjung, pemasangan tanda daerah bahaya untuk berenang dan patroli atau pagar betis pada daerah yang ramai dikunjungi dan rawan kecelakaan laut.

“Itu langkah maksimal yang bisa kita berikan dalam pengamanan libur panjang mendatang kepada pengunjung Pantai Parangtritis,” imbuh Taufik. Pihkanya menambahkan Tim SAR nantinya juga akan di Bantul oleh Rotary Adventure Club dengan kendaraan roda empatnya yang bisa berjalan diatas pasir untuk melakukan pemantauan secara dekat kepada wisatawan dan melakukan evakuasi secara cepat jika terjadi laka laut. (gun)

Tidak ada komentar: