Kamis, 27 Maret 2008

Polda DIJ Tangkap Buron Narkoba Internasional

JOGJA – Kerja Polda DIJ dimata International melejit. Ini dibuktikan dengan prestasi yang ditunjukkan dengan berhasil menangkap warga negara Australia bernama Yose Manuel Sefier (40) tak lain buron sindikat narkoba klas Internasional. Yose berhasil ditangkap usai turun dari pesawat jurusan Bali di Bandara Adisutjipto Jogja, Selasa (25/3) sekitar pukul 14.00 WIB.

Mendengar gembongnarkoba kelas kakap menuju Adisutjipto, Polda DIJ yang sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Dir Narkoba mabes PolrI tak mau kecolongan langsung nyanggong Yose di bandara.

Upaya nyanggong polisi ini akhirnay membuahkan hasil. Pendaratan pesawat sekitar pukul 14.00WIB Yose terus dipantau petugas yang telah siga di sejumlah titik bandara. Meski awalnya sempat melawan dan menolak untuk di bawa petugas, namun sindikat narkoba kelas international ini akhirnaya mudah dijinakkan dan langsung dikelar petugas.

Diperolhe informasi, warga Australia yang dikabarkan menyimpan puluhan kilo shabu yang kini terus dicari itu merupakan pengusaha furniture diwilayah Jepara. Selain itu Yose juga mamsuk dalam daftar pencarian orang (DPO) pihak kepolisian Australia dalam sejumlah transdaski narkoba.

Dalam acara jumpa pers yang digelar Rabu (26/3) pukul 21.30WIB Direktur Narkoba Polda DIJ membenarkan penangkapan gembongnarkoba itu. Kepada sjeumlah waratwan di Mapolda DIJ, DirNarkoba Polda DIJ, Kombes Muhgiarto mengatakan penangkapan warga Australia hanya mendukung upaya Mabes Polri dan Badan Narkotika Nasional (BNN). “Kebetulan ada informasi masuk Jogja maka Polda Peran aktif membackup,” kita Muhgiarto.

Menurutnya, penangkapan Yose tidak disertai barang bukti. “Perlu ditegaskan Yose Manuel Sefier meruapakan DPO Australia dalam kasus narkotika. Jadi BB (barangbuktinya sudah diamankan pihak Kepolisian Australia, bukan di Indonesia,” tegas Dirnarkoba. I ajuga menyatakan usai ditangkap, Yose langsung dikeler ke Jepara, Jawa Tengah untuk pengusutan dan penyelidikan kemungkinana menyimpan narkoba yang berpeluang diedarkan di Indonesia. (gun)





Tidak ada komentar: