Senin, 28 April 2008

METEOR dan 35 Media Raih Penghargaan

Kategori Wartatama Pasca Gempa dari Pemkab Bantul

BANTUL – Sejumlah 35 media, baik koran maupun elektronik (radio dan televisi) dinyatakan layak menerima penghargaan pemkab Bantul. Bupati Bantul Idham Samawi didampingi Sunarto selaku kepala Kantor Humas Bantul menyatakan dari 35 media yang layak mendapatkan award diantaranya dua harian Group JawaPos yakni METEOR dan RadarJogja masing-masing dinyatakan layak meraih penghargaan kategori Bhakti Wartatama.

“Dari Group Jawa Pos, dua penghargaan sekaligus diberikan untuk Harian METEOR dan RadarJogja (suplemen JawaPos). Dua media itu masing-masing layak menerima penghargaan Bhakti Wartatama,” kata Sunarto selaku Kepala Humas Pemkab Bantul, Sabtu (26/4) kemarin.
Menurut Sunarto, penghargaan itu diberikan pemkab sebagai apresiasi atas partisipasi media dalam membantu pemkab Bantul saat bencana gempa menluluhluntahkan Bantul 27 Mmei 2006. Tidak hanya itu, 35 media termasuk METEOR dan RadarJogja membantu upaya rekonstruksi pasca gempa di Bantul.

Diakui Sunarto, partisipasi media termasuk METEOR dan RadarJogja saat bencana hingga proses rekonstruksi sangat terasakan. Khususnya, beberapa perusahaan media turut secara langsung membantu masyarkat Bantul, JawaPos Group tidak tinggal diam. “Pemberitaan melalui tayangan foto-foto TKP saat gempa 27 Mei itu sangat bagus. Dan kini masih kita abadikan,” kenang Sunarto.

Bahkan untuk sejumlah program rehabilitasi, Sunarto mengakui JawaPos Group juga andil dalam membangun 130an rumah rumah warga di Paten Bantul yang semula rata tanah. “Aksi Jawapos Group saat itu nyata membangun 130an rumah di Paten dengan menggandeng TNI-AL Surabaya,” kata Kepala Kantor Humas kepada METEOR.

Selain bersama TNI AL Surabaya membantu 130an perumahan warga korban gempa di Bantul, melalui acara Rembug Kampung yang digelar pasca gempa secara gerilya dipuluhan desa di Bantul RadarJogja dan Meteor (keduanya Group JawaPos-red) turut membantu pertumbuhan partisipasi warga dalam upaya bangkit dan membangun Bantul kembali.

Rencananya, penyampaian penghargaan Bupati Bantul Idham Samawi untuk harian Meteor ini akan diterima langsung Agus Basori 'ABE' selaku Kabiro METEOR Jogja, hari ini di Rumah Dinas Bupati Bantul sesaat sebelum melepas rombongan warga Bantul yang hendak berangkat ke Gedung DPR RI untuk menyampaikan aspirasinya terkait nasib RUUK Jogjakarta. Selain memberikan award untuk media cetak, juga akan diserahkan penghargaan berupa Bhakti Waratama untuk sejumlah media elektronik baik televisi lokal maupun stasiun radio.(gun).



Tidak ada komentar: