Selasa, 20 Mei 2008

Tiwul Gunungkidul Dipertahankan

Besok, Menteri Pertanian RI Kunjungan Mertelu Gedangsari

Oleh : Endro Guntoro, HARIAN JOGJA

GEDANGSARI -Setelah dua kali rencana berkunjung ke Desa Mertelu kecamatan Gedangsari Gunungkidul batal, Kamis (22/5) besok Menteri Pertanian RI Anton Apriliyanto dipastikan bakal mengunjungi produk pangan tradisonal.

Ir Dwinggo Nirwanto selaku Ketua Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtokultura Pemkab Gunungkidul memastikan kunjungan menteri pertanian tetap berjalan sesuai rencana. “Sebelumnya memang dua kali terjadi rescedule karena padatnya agenda. Finalnya sampai saat ini, akan berlangsung Kamis besok,” kata Dwinggo kepada Hraian Jogja, kemarin.

Menurut Dwinggo, kunjungan menteri ke Desa Mertelu besok dalam rangka melihat Gunungkidul dalam system ketahanan pangan. Menteri akan dikenalkan langsung melihat Gunungkidul sebagai daerah yang menyimpan aneka ragam makanan tradisional, diantaranya tiwul sebagai makanan khas Gunungkidul.

Makanan tiwul yang sudah menjadi khas Gunungkidul, lanjut Dwinggo, tidak bisa dihilangkan. Menteri Pertanian secara khusus akan memberikan perhatian pada produk makanan lokal menjadi bahan pangan yang mampu menjadi makanan alternative.

Ditambahkan Dwinggo, makanan khas Gunungkidul tiwul, gatot dan banyak ragam lain yang menjadi kekeayaan kabupaten Gunungkidul harus dipertahankan. Tidak bisa dipungkiri, kini keberadaan tiwul yang dikemas dengan berbagai bentuk sajian menarik siap bersaing di pasaran. Pusat belanja oleh-oleh juga menyediakan tiwul produk khas Gunungkidul ini.

Tiwul bakal diupayakan menjadi makanan favorit Gunungkidul yang siap mengundang minat masyarakat, khususnya daerah lain. “Kalau dulu orang malu makan tiwul. Sekarang sebaliknya orang tidak akan ngetrend sebelum makan tiwul,“ tambah Dwinggo.

Masiah menurut Dwinggo, sebagaimana kebijakan bidang pangan masyarakat Gunungkidul diharapkan untuk tidak menggantungkan pada satu jenis bahan pangan seperti nasi. Makanan local yang juga harus mendapat pengakuan sebagai makanan alternative selain nasi.

Sementara itu, menyambut persiapan kunjungan Menteri Pertanian RI Kamis besok, Polres Gunungkidul terlihat terdapat persiapan khusus. Sejumlah personil gabungan dari beberapa kesatuan diantaranya Satuan Lalu lintas, Satuan Intelkam dan Reskrim disiagakan untuk pengawalan dan pengamanan. “Koordinasi sudah kita lakukan dengan Pemkab Gunungkidul. Dan kita siap backup suksesnya acara tersebut,” kata Kapolres Gunungkidul AKBP Suswanto Joko Lelono. (gun)

Tidak ada komentar: