Minggu, 01 Juni 2008

Belum dapat anggaran PPK Dilantik




6 kandidat panwaskab dikirim Panwas Propinsi

Oleh Endro Guntoro

HARIAN JOGJA

WONOSARI : Meskipun belum ada kepastian anggaran operasional, sebanyak 90 orang anggota terpilih Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Gunungkidul, resmi dilantik.

Pelantikan 90 anggota PPK untuk 18 kecamatan di Gunungkidul dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gunungkidul di Gedung DPRD Gunungkidul, Sabtu (31/5) kemarin.

Dihadapan Pemkab Gunungkidul, Kapolsek, tamu undangan dan pemuka agama, 90 orang terdiri dari masing-masing 5 orang perwakilan dari tokoh masyarakat diambil sumpah dan janji oleh Ketua KPUD Gunungkidul Djoko Sarjono.

Dalam sambutannya, Djoko Sardjono selaku ketua KPUD Gunungkidul berharap kepada anggota PPK terpilih tetap bersemangat untuk turut mesukseskan pemilihan umum yang akan berlangsung tahun depan. “Kami mengajak saudara-sauadara untuk bekerja secara tulus iklas sebagai penyelenggara pemilu yang bertanggungjawab dimasing-masing tingkat kecamatan,” kata Djoko.

Lebihjauh Djoko menyampaikan bahwa sampai hari ini pihaknya belum mengetahui honor atau anggaran operasional baik untuk tingkat KPUD, PPK, sampai KPPS termasuk panwas. “Meski sampai saat ini saya pun belum mengetahui kepastian anggaran, tentu pembentukan PPK tetap harus berjalan sebagai cerminan semangat kita harus berkobar demilancarnya menyelenggaran pemilu,” tambah Djoko disambut tepuk tangan peserta dan tamu undangan.

Dalam kesempatan itu, pemkab Gunungkidul melalui wakil bupati Hj Badingah menegaskan bahwa tugas dan peran PPK sebagai penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan patut diapresiasi. “Tugas PPK ini berat dan menuntut ketelitian di setiap tugas, baik pelaksanaan maupun rekap jumlah suara. Untuk itu kami mengajak PPK untuk menyiapkan potensi anggota PPK sejak dini,” kata Badingah.

Sementara itu, Bekti Wibowo Suptinarso anggota KPUD Gunungkidul menkan pelantikan PPK dilakukan sebagaimana mekanisme dan prosedur yang mengatur KPUD harus membentuk PPK di 18 kecamatan dan melakukan seleksi untuk anggota Panwaskab yang telah terpilih enam orang untuk selanjutnya akan ditentukan tiga anggota untuk Panwaskab oleh Panwaslu Propinsi DIY.

'Tes tertulis sudah kita lakukan dan terpilih enam nama calon yang selanjutnya kita kirim ke Panwas Propinsi yang berwenang menentukan tiga anggota panwaskab,” kata Bekti yang juga menjabat Pokja Seleksa calon Panwaskab Gunungkidul.

Enam nama kandidat yang diajukan ke Panwas Propinsi untuk dipilih tiga diantaranya, Achid Nurhayanto, Buchari Ichsan, Martono, Suwarto, Sumadi dan Suprapto.


Tidak ada komentar: